Pages



Khasiat Temulawak
Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) merupakan tumbuhan tahunan yang hidup merumpun dan berbatang semu berupa gabungan beberapa pangkal daun yang terpadu. Tiap batang memiliki 2-9 helai daun, bunganya berukuran pendek dan lebar, warna putih atau kuning tua dan pangkal bunga berwarna ungu
Tumbuhan ini dapat berbunga terus-menerus sepanjang tahun secara bergantian yang keluar dari rimpangnya. Rimpang induk dapat memiliki 3-4 buah rimpang. Warna kulit rimpang cokelat kemerahan atau kuning tua, sedangkan warna daging rimpang oranye tua atau kuning. Rimpang temulawak terbentuk di dalam tanah pada kedalaman sekitar 16 cm. Tiap rumpun umumnya memiliki 6 buah rimpang tua dan 5 buah rimpang muda.
Temulawak berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi beraneka macam penyakit. Berbagai khasiat dari temulawak, antara lain, gangguan lever, mencegah hepatitis, meningkatkan produksi cairan empedu, membantu pencernaan, mengatasi radang kandung empedu, radang lambung dan gangguan ginjal.
Selain itu, temulawak juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi, anemia/kurang darah, melancarkan peredaran darah, gumpalan darah, malaria, demam, campak, pegal linu, rematik, sakit pinggang, peluruh haid, keputihan, sembelit, ambeien, menambah nafsu makan, batuk, asma, radang tenggorokan, radang saluran nafas, radang kulit, eksim, jerawat, meningkatkan stamina, radang kandung empedu dan batu empedu.

1. Untuk gangguan lever, gunakan 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum selagi hangat.

2. Pada radang sendi, rematik, pegal linu, ambil 25 gr temulawak berikut 20 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

3. Untuk peluruh haid, gunakan 25 gr temulawak diblender dengan air secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum.

4. Bila sakit radang kandung empedu, gunakan 30 gr temulawak diiris-iris lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

5. Untuk mengatasi batu empedu, gunakan 25 gr temulawak, 30 gr meniran dan gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

6. Menurunkan kadar kolesterol tinggi, gunakan 20 gr temulawak kering ditumbuk halus lalu diseduh dengan air panas secukupnya dan diminum hangat-hangat.

7. Mengatasi masalah radang lambung, gunakan 30 gr temulawak dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

8. Mengobati batuk dan radang saluran nafas, gunakan 25 gr temulawak diparut, tambahkan air matang secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis, kemudian diminum.

9. Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.

Lakukan resep ini dua kali sehari secara teratur. Sedangkan, untuk penyakit berat/serius disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter.



Nama : IKA ERNI WIDI ASTUTI
No. : 19
Kls : IX D





MANFAAT KOMPOS

Kompos memperbaiki struktur tanah dengan meningkatkan kandungan bahan organik tanah dan akan meningkatkan kemampuan tanah untuk mempertahankan kandungan air tanah. Aktivitas mikroba tanah yang bermanfaat bagi tanaman akan meningkat dengan penambahan kompos. Aktivitas mikroba ini membantu tanaman untuk menyerap unsur hara dari tanah. Aktivitas mikroba tanah juga d iketahui dapat membantu tanaman menghadapi serangan penyakit.
Tanaman yang dipupuk dengan kompos juga cenderung lebih baik kualitasnya daripada tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia, misal: hasil panen lebih tahan disimpan, lebih berat, lebih segar, dan lebih enak.
Kompos memiliki banyak manfaat yang ditinjau dari beberapa aspek:
Aspek Ekonomi :
1. Menghemat biaya untuk transportasi dan penimbunan limbah
2. Mengurangi volume/ukuran limbah
3. Memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pada bahan asalnya
Aspek Lingkungan :
1. Mengurangi polusi udara karena pembakaran limbah dan pelepasan gas metana dari sampah organik yang membusuk akibat bakteri metanogen di tempat pembuangan sampah
2. Mengurangi kebutuhan lahan untuk penimbunan
Aspek bagi tanah/tanaman:
1. Meningkatkan kesuburan tanah
2. Memperbaiki struktur dan karakteristik tanah
3. Meningkatkan kapasitas penyerapan air oleh tanah
4. Meningkatkan aktivitas mikroba tanah
5. Meningkatkan kualitas hasil panen (rasa, nilai gizi, dan jumlah panen)
6. Menyediakan hormon dan vitamin bagi tanaman
7. Menekan pertumbuhan/serangan penyakit tanaman
Peran bahan organik terhadap sifat fisik tanah di antaranya merangsang granulasi, memperbaiki aerasi tanah, dan meningkatkan kemampuan menahan air. Peran bahan organik terhadap sifat biologis tanah adalah meningkatkan aktivitas mikroorganisme yang berperan pada fiksasi nitrogen dan transfer hara tertentu seperti N, P, dan S. Peran bahan organik terhadap sifat kimia tanah adalah meningkatkan kapasitas tukar kation sehingga memengaruhi serapan hara oleh tanaman (Gaur, 1980).
Beberapa studi telah dilakukan terkait manfaat kompos bagi tanah dan pertumbuhan tanaman. Penelitian Abdurohim, 2008, menunjukkan bahwa kompos memberikan peningkatan kadar Kalium pada tanah lebih tinggi dari pada kalium yang disediakan pupuk NPK, namun kadar fosfor tidak menunjukkan perbedaan yang nyata dengan NPK. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman yang ditelitinya ketika itu, caisin (Brassica oleracea), menjadi lebih baik dibandingkan dengan NPK.
Hasil penelitian Handayani, 2009, berdasarkan hasil uji Duncan, pupuk cacing (vermicompost) memberikan hasil pertumbuhan yang terbaik pada pertumbuhan bibit Salam (Eugenia polyantha Wight) pada media tanam subsoil. Indikatornya terdapat pada diameter batang, dan sebagainya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penambahan pupuk anorganik tidak memberikan efek apapun pada pertumbuhan bibit, mengingat media tanam subsoil merupakan media tanam dengan pH yang rendah sehingga penyerapan hara tidak optimal. Pemberian kompos akan menambah bahan organik tanah sehingga meningkatkan kapasitas tukar kation tanah dan memengaruhi serapan hara oleh tanah, walau tanah dalam keadaan masam.
Dalam sebuah artikel yang diterbitkan Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor menyebutkan bahwa kompos bagase (kompos yang dibuat dari ampas tebu) yang diaplikasikan pada tanaman tebu (Saccharum officinarum L) meningkatkan penyerapan nitrogen secara signifikan setelah tiga bulan pengaplikasian dibandingkan degan yang tanpa kompos, namun tidak ada peningkatan yang berarti terhadap penyerapan fosfor, kalium, dan sulfur. Penggunaan kompos bagase dengan pupuk anorganik secara bersamaan tidak meningkatkan laju pertumbuhan, tinggi, dan diameter dari batang, namun diperkirakan dapat meningkatkan rendemen gula dalam tebu.

Nama : IKA ERNI WIDI ASTUTI
No. : 19
Kls. :IX D

Katresnan kang Ngrembuyung

Katresnan kang Ngrembuyung

Aku nyawang botol ing tangane sisihanku. Rada suwe anggonku ngiling-ngilingi. Sawise nyeleh tas ana meja, aku nyedhak. Tutup botol dibukak, banjur diambu.

“Botol apa, mas?” pitakonku.

“Jamu. Saka kyai,” wangsulane.

“Jamune sapa?”

Sisihanku nyawang aku, banjur nyekel botol iku maneh.

“Wingenane aku diajak Pak Sarip golek tamba, kanggo awake dhewe iki. Ikhtiyar, karepku. Njur iki mau jamune dikirim. Nanging kok ngene?”

Aku melu ngambu. Irungku nyungir. Botol dak cekel, dak golang-goling. Isine katon butheg banget, lintreg-lintreg!

“Wis, ora susah diombe. Dibuwang bae! Mengko malah marahi murus!” kandhane.

Aku manut. Isi botol daksok ing got. Saupama diakon ngom­be, mbokmanawa aku uga ora kolu!

Kedadeyan kaya ngene iki, usaha golek tamba kanggo katen­tremane bale somahku – sawise wolung taun aku durung di­paringi momongan – embuh wis kaping pira. Wiwit isih ngontrak dhisik nganti saiki bisa gawe omah dhewe. Aku ngerti, dheweke kepengin mulyakake aku. Jer sasuwene iki saben ketemu karo sedulur-sedulure, aku sing sering dadi sasaran.

“Adhik gabug bekne,” jare mbak­yu ipeku.

“Mangan cambah sing akeh, dhik,” jare liyane.

“Dipijetake Mbah Nem, bekne wadhae bayi jero.”

Aku mung mesem krungu kabeh mau. Aku emoh nesu. Dak wangsuli prasaja, yen Gusti Allah durung marengake. Aku ora arep mangsuli mbokmanawa dudu aku sing gabug, ning sisihanku. Aku ora kepengin bale somahku kang sasuwene iki tentrem lan ayem senajan tanpa momongan dadi kisruh, amarga tetembungan kang mung nuruti emosi.

Aku ngerti banget, sarana apa kang tau dakwaca ing rubrik kon­sultasi kesehatan, yen sisihanku kurang subur. Aku uga ngerti, dhe­weke nyadhari kekurangane. Nanging aku ngerti, dheweke ora kepengin priksa menyang dhokter. Aku manut diterna – priksa rana-rene, ngombe obat lan vitamin. Ning tanpa guna yen priyayi ka­kunge ora gelem nglakoni bab sing padha.

Aku ora kepengin protes utawa maido marang kahanan iki. Ka­sabaran lan kawiga­te­ne sasuwene iki ngalahake rasa kasepen kang ana. Dheweke priya pilihane bapak­­ku, wong kang paling dak tresnani saliyane ibu. Aku kang sa­suwene iki tansah nulak kanthi alus kekarepane kanca-kanca ing sakupeng­ku, ora kuwawa nyawang paningale bapak kang kebak pengarep-arep nalika ndangu, apa aku seneng karo pawongan kang anyar katon iku? Kang uga kancane kang­masku ing panggonane nyambutgawe? Aku mung bisa matur, yen bapak kersa kula inggih purun. Akhire priya iku dadi sisih­anku. Lan aku ora kepengin kabungahan ing pasuryane bapak-ibuku sirna amarga tetem­bungan kang ora bener.

Nalika aku wiwit mangun bale somahku, aku momong bocah loro lanang kabeh, ponakane sisihanku. Karo-karone sekolah SMU. Saiki wis padha nyambutgawe. Aku nate ditawani bayi kanggo pancingan, nanging daktulak alus. Aku kuwatir ora bisa ngrumat kanthi becik awit aku mulang. Sisihanku uga ora setuju. Luwih becik menehi pitulungan marang famili sing anake ora bisa nerusake sekolahe. Lan nalika bale somahku umur sepuluh taun, ana bocah wadon loro sing dadi momong­anku. Kus lan Lilik. Siji SMP, siji SMA. Kaya bocah loro sing dhisik, kenya loro mau uga urip rukun.

Omahku saiki regeng. Ing wektu-wektu nyedhaki ulangan, omah dikebaki bocah sing sinau kelompok. Ruwang tamu kang cukup amba nyebabake bocah-bocah krasan. Aku seneng weruh semangate bocah-bocah sing dakemong. Aku kepengin bocah-bocah iku sinaune lan bisa mandhiri ing tembe mburine.

Regenge bale somahku pranyata ora nyuda pepinginane sisihanku supaya aku pinaringan momongan. Sawijining dina teka saka kantor, karo nyemili tempe goreng kasenengane dheweke takon:

“Suk libur akhir taun iki sekolah ana acara, nggak?”

Karo nyidhukake sega ing piringe aku mangsuli:

“Ana, penerimaan murid baru. Ana apa?”

“Arep dak jak nyang Yogya”.

“Haa, rekreasi?” Aku mlengak.

“Ora. Ana dhokter wanita ahli kan­dhungan. Kabare akeh sing cocog“ swara­ne alon.

“Tenan? Aku mengko tak nyuwun ijin?” Aku nayogyani.

“Sampeyan ora kabotan?” Dheweke mandeng.

“Ora”, aku gedheg.” Panjenengan tetep­ke bae tanggale, mengko aku bisa ngatur jadwal piket karo kanca-kanca.”

Aku ngomong mengkono awit yen libur akhir taun iku acarane padhet. Pe­nerimaan murid anyar, nyusun jadwal pelajaran supaya jame ora tabrakan antarane guru siji lan sijine. Nanging yen mung ijin rong dina bae mesthi dipareng­ne.

Nanging nganti liburan teka dheweke durung netepake tanggal. Alasane kan­tore sibuk banget, akeh kegiyatan kang ora bisa ditinggal. Aku mung ngiyani. Awit adoh ing sajroning atiku, aku ngerti yen dheweke ora siyap saupama wong loro kudu dipriksa. Aku ora kepengin natoni atine kanthi pitakonan kang mojokake.
“Tenan? Aku mengko tak nyuwun ijin?” Aku nayogyani.



Kus lan Lilik sinaune lancar. Kus lulus SMP lan Lilik lulus SMA. Kus nerusake menyang SMA dene Lilik nyuwun kursus bae. Diutus nyoba dhaftar nyang per­guruan tinggi ora gelem. Nyuwun kursus komputer, dheweke kepengin enggal nyam­but gawe. Kebeneran ing omah ana komputer. Sisihanku kanthi tlaten melu ngajari saengga bocah iku enggal lancar nggunakake komputer.

Wengi-wengi nalika bocah loro padha sibuk sinau, nonton tivi, banjur guyon lan maca majalah ing ruwang tengah, aku lan sisihanku lungguh ana teras. Nyawang langit kang kaling-kalingan godhong pelem. Nyawang cecak kang godhag-godhagan ing plafon teras.

“Sampeyan digoleki cecak kae, lho”, godhane.

Aku nuruti panyawange. Ana cecak sajodho ing sacedhake lampu.

“Biyasane telu,” aku nyaut. “Oh, kae ana pojok. Lagi nginjen lemut”.

Sisihanku ngguyu. Tangane ngrangkul bauku, omong lirih. “Bocah-bocah isih nonton tivi?”

“Isih. Panjenengan kepengin?”

“Mengko bal-balan. Liga Inggris. Jam sanga”.

“Sedhela maneh. Ngalah dhisik, ya.”

Aku krasa kupingku diaras. Sedhela. Banjur rangkulane diuculi. Dheweke dudu priya romantis. Nanging saka tindak-tan­duke kang prasaja aku bisa ngrasakake rasa asih kang jero.

Dinane lumaku terus. Pitakonan bab anak wis ora tau keprungu. Nganti sawi­jing dina, sisihanku nuduhake sawijining alamat. Dak waca ing kono: Ikatan Bidan Indonesia. Banjur: Dr Joko Nugroho.

“Panjenengan kepengin aku priksa mrono?” pitakonku.

Sisihanku manthuk.

“Kapan?”

“Mengko sore”.

Sorene, ana ruwang tunggu klinik kang asri, aku maspadakake wong-wong kang antri. Rata-rata isih enom. Siji loro ana sing risiko tinggi, kalebu aku. Nalika aku giliran dipriksa dhokter sepuh kang grap­yak iku, paningale kang sabar ngge­­­dhe­ka­ke atiku.

“Rahim panjenengan sehat. Haidipun teratur?” pandangune.

“Inggih, dhokter”.

“Namung yuswanipun….”

“Sekawan dasa kalih, dhokter”, aturku.

“Yuswanipun ingkang nguwatosaken,” paningale nunjem.

Banjur, “Panjenengan kersa ndherek program bayi tabung?”

“Insya Allah, dhokter.”

Dhokter Joko nyerat sedhela, banjur dilebokake amplop. Ngendika, “Punika kula aturi rujukan dhateng dhokter Gin­ting. Keng raka kersoa kapriksa spremani­pun. Dhokter Ginting ahli bayi tabung,” amplop diparingake aku.

Aku ngaturake panuwun, banjur metu. Amplop daktuduhake sisihanku. Disa­wang sakeplasan. Banjur wong loro mulih.

Aku prasaja apa anane. Dheweke ora mangsuli. Lan nganti seminggu amplop iku tetep sumeleh ana meja kamarku. Ora diuthik babar pisan.

Wusana wengi iki, nalika bocah-bocah padha anteng ing ngarep tivi sawise sinau, aku nyekel amplop saka dhokter Joko iku.

“Panjenengan ora nyang dhokter Gin­ting?” pitakonku.

Dheweke nyawang aku, unjal ambeg­an gedhe. Swarane alon :

“Wis, ora susah ngena-ngene, ya?”

Aku manthuk. Aku wis ngira. Alon aku dirangkul. Rambutku diusap alus.

“Ora gela?” pitakone ing kupingku.

“Ora”, aku mbales ngrangkul.” Kita wis duwe momongan loro kang ayu-ayu…”

Ukaraku kandheg. Dumadakan bae mri­patku teles. Kaya nalika temanten anyar ndhisik, mripatku teles. Katresnan kang wiwit semi nalika iku, mbingarake penggalihe bapak lan ibuku. Lan saiki, katresnan kang ngrembuyung ing atiku muga-muga bisa nguwatake bale somah­ku, nguwatake atine sisihanku, mecaki dina-dina kang lumaku. Jer manungsa mung saderma nglakoni, dumadi utawa orane, Gusti Allah kang nemtokake. Aku yakin lan percaya, Panjenengane ora tau sare, pirsa sakabehane.

Alon rangkulane diudhari. Weruh mripatku kang teles, diusapi karo ngo­mong, “Lho, kok nangis. Ayo saiki nonton tivi bareng momongan sing ayu-ayu”.

Aku mesem saiki. Dakaras pipine kang wis wiwit kisut sadurunge metu saka kamar. Dakaras kanthi sakehing rasa.

Karya Musik Mancanegara

Karya Musik Wilhelm Richard Wagner
Musik Opera
• (1832) Die Hochzeit
• (1834) Die Feen
• (1836) Das Liebesverbot
• (1837) Rienzi — Rienzi, der letzte der Tribunen
• (1843) Der fliegende Holländer (Orang Belanda yang Terbang)
• (1845) Tannhäuser
• (1848) Lohengrin
• (1859) Tristan und Isolde (Tristan dan Isolde)
• (1867) Die Meistersinger von Nürnberg (Para Penyanyi Hebat Nuremberg)
• Der Ring des Nibelungen (Cincin Nibelung)
o (1854) Das Rheingold
o (1856) Die Walküre (Sang Valkyrie)
o (1871) Siegfried
o (1874) Götterdämmerung (Masa Senja Para Dewa)
• (1882) Parsifal
Musik non-opera
Bridal Chorus dari Lohengrin (populer di negara-negara yang berbahasa Inggris sebagai "Here Comes the Bride" (Datangnya Sang Pengantin) sering dimainkan sebagai lagu pengiring pada acara pernikahan.
Karya lainnya
Wagner adalah seorang penulis yang sering berkarya, mengarang lebih dari ratusan buku, puisi, dan artikel, serta jumlah korespondensi yang besar. Karyanya mencakup topik yang luas, termasuk politik, filsafat, dan analisis lengkap (biasanya saling bertentangan) mengenai operanya.
Dia bertanggung jawab atas beberapa inovasi teater yang dikembangkan di Bayreuth Festspielhaus, sebuah gedung opera yang dibangun secara khusus untuk pementasan operanya. Inovasi lainnya termasuk menggelapkan auditorium pada saat pertunjukan, dan meletakkan orkestranya di sebuah lubang yang tidak terlihat penonton. Bayreuth Festspielhaus adalah lokasi sebuah festival tahunan, Festival Richard Wagner, yang menarik ribuan penggemar opera ke Bayreuth pada setiap musim panas




Salah satu contoh komposisi yang dibuat oleh Johann Sebastian Bach:
Karya Musik Johann Sebastian Bach

Wtk1-fugue2.mid

Berkas:Wtk1-fugue2.mid

Prelude No.2 In C Minor - Well-Tempered Clavier 1
________________________________________


Referensi
Wikimedia Commons memiliki kategori mengenai Johann Sebastian Bach

1. ^ tanggal lahir menurut Kalender Julian
2. ^ (Inggris) Jones, Richard (2007). The Creative Development of Johann Sebastian Bach. Oxford University Press. hlm. 3. ISBN 0-19-816440-8.
Artikel bertopik biografi pemusik ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Karyanya yang paling terkenal adalah Brandenburg concerto.


Karya Musik Dvořák
Sambutan terhadap Dvořák sebagai komponis simfoni dan konserto memberikan kepadanya keinginan yang kuat untuk mengarang opera. Dari semua operanya, hanya Rusalka dan, hingga batas tertentu, Kate and the Devil, yang banyak dimainkan di panggung-panggung opera masa kini di luar Republik Ceko. Ini sebagian disebabkan karena perhatian mereka yang tidak merata, sebagian karena librettinya yang tidak memadai, dan barangkali juga sebagian karena tuntutan-tuntutan pementasannya - The Jacobin, Armida,, Wanda dan Dimitrij membutuhkan panggung-panggung yang cukup besar untuk menggambarkan pasukan-pasukan yang menyerbu.
Dirigen kelahiran Jerman, Gerd Albrecht, telah memimpin banyak opera Dvořák dengan label Orfeo dan Supraphon. Hanya opera Dvořák King Alfred yang kini tidak tersedia
Franz Schubert (31 Januari 1797-19 November 1828) adalah komponis berkebangsaan Austria.
Ketika ia berusia lima tahun, ayahnya sudah mengajarkannya berbagai hal tentang musik. Enam tahun kemudia ia masuk sekolah musik yang sangat terkenal di Wina. Sementara itu Franz sudah mulai menggubah karya musik. Lagunya yang pertama dihasilkan pada usia 17 tahun, berjudul Gretchen at the spinning whell. Untuk sementara ia menjadi guru sekolah, tetapi kemudian ia berhenti karena ia perlu banyak waktu untuk menulis karya musik. Untuk membiayai hidup sehar-hari ia memberikan les piano. Kadang-kadang ia menulis delapan lagu per hari. Bahkan ia tidur tanpa melepas kacamata nya supaya ia dapat langsung menulis jika ia terbangun di tengah malam dengan ide sebuah lagu. Sebelum berusia 20 tahun, ia telah menulis enam simponi. Secara keseluruhan ia telah menghasilkan sembilan simponi. Dua diantaranya sangat terkenal adalah Symphony No. 8 in B minor(simponi nomor 8 dalam nada B minor) yang dikenal dengan judul Unfinished Symphony dan Symphony No. 9 in C minor yang dikenal dengan judul Great Symphony karena begitu panjang. Karya-karya Schubert meliputi karya-karya musik dalam berbagai bentuk untuk orkes dengan ukuran yang berbeda-beda. Ia telah menulis 100 lagu. Diantaranya yang sampai sekarang diangap paling baik, yaitu Ave Maria, Who is Sylvia?, The Trout, dan Serenade. Franz Schubert meninggal pada usia 31 tahun, tetapi ia sudah menghasilkan hampir 1.000 karya musik.

Karya Musik Frederic Chopin
Rekaman

Rekaman yang paling representatif dari Chopin dianggap pertunjukan Martha Argerich, Claudio Arrau, Vladimir Ashkenazy, Alfred Cortot, Syura Cherkassky, Dang Thai Son, Samson François, Vladimir Horowitz, Evgeny kissin, Dinu Lipatti, Nikita Magaloff, Arturo Benedetti-Michelangeli, ivan Moravec, Janusz Olejniczak, Murray Perahia, Vlado Perlemuter, Maurizio Pollini, Sviatoslav Richter, Arthur Rubinstein, Tatiana Shebanova, Fou Ts'ong dan Krystian Zimerman (pianis yang memiliki minimal 5 medali rekaman yang beredar dari Chopin). Rekaman Yang Paling representatif Dari Chopin dianggap Pertunjukan Martha Argerich, Claudio Arrau, Vladimir Ashkenazy, Alfred Cortot, Syura Cherkassky, Dang Thai Son, Samson François, Vladimir Horowitz, Evgeny kissin, Dinu Lipatti, Nikita Magaloff, Arturo Benedetti-Michelangeli, ivan Moravec, Janusz Olejniczak, Murray Perahia, Vlado Perlemuter, Maurizio Pollini, Sviatoslav Richter, Arthur Rubinstein, Tatiana Shebanova, Fou Ts'ong murah Krystian Zimerman (pianis Yang memiliki minimal 5 Medali Rekaman Yang distributes Dari Chopin).

* Pertunjukan oleh Angela Lear: [6] volume 'Koleksi Chopin' 1-5, termasuk varian asli yang jarang didengar. Pertunjukan oleh Angela Lear: [6] volume 'Koleksi Chopin' 1-5, Termasuk varian Yang asli jarang didengar.
* Www.200chopin.com, Rekaman oleh semua Deutsche Grammophon dan seniman Decca, lagu penuh streaming gratis: Argerich, Freire, Pollini, Zimerman, Pires, Wang, Ott dll www.200chopin.com, Rekaman oleh Deutsche Grammophon Semua murah Seniman Decca, lagu Penuh streaming yang gratis: Argerich, Freire, Pollini, Zimerman, Pires, Wang, Ott dll
* Pertunjukan oleh Daniel Wnukowski: 'Heroic' Polineis, 2 nocturne, 1 Scherzo, 1 pendahuluan Pertunjukan oleh Daniel Wnukowski: 'Heroic' Polineis, 2 nocturne, 1 Scherzo, 1 pendahuluan
* Pertunjukan oleh Sayers Michael: Preludes Op. Pertunjukan oleh Sayers Michael: Preludes Op. 28 No 1 dan 20 28 Tidak ada 1 dan 20
* Pertunjukan oleh Donald Betts: 3 ballades, 3 Études, 2 nocturne, 1 mazurka Pertunjukan oleh Donald Betts: 3 ballades, 3 Études, 2 nocturne, 1 mazurka
* Pertunjukan oleh Paul Cantrell dari In Hands Pertunjukan oleh Paulus Cantrell Dari Dalam, Tangan
* Pertunjukan oleh Alberto Cobo: Sonata No 3, Ballade No 1 dan Fantasie Impromptu-, Sonata No 2, Scherzo No 2, Prelude No 16 Pertunjukan oleh Alberto Cobo: Sonata No 3, Ballade Tidak Fantasie Impromptu 1 dan- , Sonata No 2, Scherzo No 2, Prelude No 16
* Berbagai penyanyi dari PianoParadise (beberapa link yang rusak) Berbagai Penyanyi Dari PianoParadise (beberapa link yang rusak Yang)
* MIDI file dari file yang Kunst der Fuge MIDI Dari Kunst der Fuge
* Preludes No 4 dan No 6 diatur untuk suara, gitar, dan bass oleh Proyek Preludes link Yohanes Tidak ada 6 dan 4 diatur UNTUK suara, gitar, bass murah oleh Yohanes Proyek link yang
* Pertunjukan karya Chopin oleh Frédéric dalam MP3 dan format MIDI pada Logos Virtual Library Pertunjukan karya Chopin oleh Frédéric Dalam, MP3 murah Format MIDI PADA Logos Virtual Library
* Gratis Chopin Downloads (MP3 dan WMA) Chopin Gratis Downloads (MP3 murah WMA)
* Chopin asli Chopin sebagai dimainkan oleh Angela Lear dari naskah tanda tangan. "Dengarkan apa yang benar-benar dimaksudkan Chopin" BBC Majalah Musik; "... nya Chopin yang sama sekali luar biasa resital untuk interpretasi sempurna dan kesetiaan maksimum untuk niat Chopin" Le Matin. Chopin asli. Chopin dimainkan oleh Angela sebagai Lear Dari naskah Tanda Tangan "Dengarlah apa Yang Benar-Benar dimaksudkan Chopin" BBC Music Magazine; "nya Chopin ... Yang sama Sekali Luar biasa resital UNTUK interpretasi Sempurna murah kesetiaan maksimum UNTUK niat Chopin" Le Matin.
* Chopin dipilih bekerja (MP3) Chopin Yang dipilih bekerja (MP3)
* Piano Masyarakat - Sebuah biografi pendek dan beberapa rekaman gratis dalam format MP3, dilakukan oleh Chiara Bertoglio, Roberto Carnevale, Eric Clark, Alexander Djordjevic, Ken Sasaki, Robert Ståhlbrand, Evelina Vorontsova Piano Masyarakat - Sebuah Biografi pendek murah gratis beberapa Rekaman Dalam, format MP3 , dilakukan oleh Chiara Bertoglio, Roberto Carnevale, Eric Clark, Alexander Djordjevic, Ken Sasaki, Robert Ståhlbrand, Evelina Vorontsova

Karya Musik Johannes Brahms
Brahms membuat komposisi musik untuk piano, ansambel musik kamar, orkestra simfoni, dan untuk penyanyi serta paduan suara. Sebagai seorang pianis yang mahir, ia sering kali menampilkan sendiri karya-karyanya secara perdana; dia juga bekerja sama dengan penampil-penampil utama pada masanya, termasuk pianis Clara Schumann (istri komponis Robert Schumann). Banyak karyanya merupakan bagian dari repertoar standar konser klasik hingga saat ini. Salah satu karyanya yang paling terkenal ialah Wiegenlied, Op. 49 No. 4 ("Lagu Nina Bobo", dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Brahms' Lullaby).
Karya Musik Giuseppe Fortunino Francesco Verdi
Giuseppe Fortunino Francesco Verdi (Le Roncole, 10 Oktober 1813 – Milan, 27 Januari 1901) adalah komponis Italia, terutama opera. Ia adalah anggota paling berpengaruh di Sekolah Opera Italia pada abad ke-19.
Karya-karyanya sering dilakukan di gedung opera di seluruh dunia dan, melampaui batas-batas genre, beberapa tema-nya sudah lama berakar dalam budaya populer - seperti "La donna è mobile" dari Rigoletto, "Va, Pensiero" ( Koor dari Budak Ibrani) dari Nabucco, "Libiamo ne 'lieti calici" (The Drinking Song) dari La Traviata dan Triumphal March from Aida.

Karya Musik Franz Liszt
Porsi terbesar dan paling terkenal dari musik Liszt adalah karya piano asli. Karya besar-Nya sepenuhnya direvisi, "Années de pèlerinage" ("Tahun Ziarah") termasuk potongan-potongan bisa dibilang paling provokatif dan pengadukan. Ini set tiga suite berkisar dari keahlian dari Orage Suisse (Badai) untuk visualisasi halus dan imajinatif karya seni oleh Michelangelo dan Raphael pada set kedua. Années berisi beberapa potongan yang longgar transkripsi komposisi Liszt sendiri sebelumnya; "tahun" pertama recreates potongan awal dari "Album d'un voyageur", sedangkan buku kedua mencakup ulang dari lagu transkripsi sendiri pernah secara terpisah diterbitkan sebagai "Tre sonetti di Petrarca "(" Tiga soneta dari Petrarch "). Ketidakjelasan relatif dari sebagian besar karya-karyanya dapat dijelaskan dengan jumlah besar potongan ia menulis, dan tingkat kesulitan teknis yang hadir dalam banyak komposisi nya.

Piano karya Liszt biasanya dibagi menjadi dua kategori. Di satu sisi, ada "karya asli", dan di sisi lain "transkripsi", "parafrase" atau "fantasi" pada karya-karya komposer lain. Contoh untuk kategori pertama adalah karya seperti sepotong poétiques Harmonies et religieuses Mei 1833 dan Sonata Piano dalam B minor (1853). Liszt transkripsi lagu Schubert, fantasi pada melodi opera, dan nya piano pengaturan simfoni oleh Berlioz dan Beethoven adalah contoh dari kategori kedua. Sebagai kasus khusus, Liszt juga membuat pengaturan piano karya sendiri instrumental dan vokal. Contoh jenis ini adalah susunan gerakan kedua "Gretchen"-nya Faust Symphony dan "Waltz Mephisto" pertama serta "No Liebesträume 3" dan dua volume "Lieder Buch der" nya.
Karya Musik Robert Schumann
Robert Schumann (lahir di Zwickau, 8 Juni 1810 – meninggal di Bonn, 29 Juli 1856 pada umur 46 tahun) adalah seorang penggubah dan pianis Jerman. Dia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik Romantik Eropa yang terpenting, serta seorang kritikus musik yang terkenal dalam sejarah. Seorang cendekiawan serta bersifat estetikus, musiknya menggambarkan sifat romantisme yang sangat pribadi. Mawas diri dan sering bertingkah, karya-karya musik pertamanya merupakan percobaan untuk melepaskan diri dari tradisi bentuk dan struktur klasik yang dia pikir terlalu membatasi.

10 komponis dunia

Johann Sebastian Bach lahir pada tanggal 21 Maret 1685 di kota Eisenach, Jerman. Ayahnya bernama Johann Ambrosius Bach, dia adalah seorang pemain terompet dan dirigen orkes kota tersebut. Johann Sebastian adalah anak bungsu dari delapan bersaudara. Pada saat orangtua Bach meninggal pada tahun 1695 dia pindah ke Ohrdruf dan diasuh oleh kakak laki-lakinya, Johann Christoph Bach. Di Ohrdruf, Bach melanjutkan pendidikannya ke sekolah Lyceum. Bach cukup berprestasi di sekolahnya, dari kakaknya Bach diajarkan bermain organ dan kemungkinan juga belajar bermain biola. Bach belajar sendiri ilmu komposisi dengan cara biasa dan lazim pada zaman itu, yaitu menyalin buku musik komposisi-komposisi komponis Barok.
Pada akhir hidupnya Bach menderita kebutaan, pada saat ini pula ia menggubah Die Kunst der Fugue 13 (BWV 1080). Suatu komposisi dengan bermacam variasi bentuk dari suatu tema fuga. Bach menulis komposisi ini dengan berbaring di tempat tidur dan mengeja not yang ada di kepalanya kepada istrinya. Bach meninggal dunia pada tahun 28 Juli 1750 dan karya ini tidak sempat diselesaikan.
Quote:
2.Ludwig Van Beethoven
Quote:
Spoiler for gambar:

Ayahnya, Johann van Beethoven (1740-1792) bekerja sebagai penyanyi tenor untuk pangeran Bonn (dari tahun 1752). Ibunya bernama Maria Magdalena Keverich (1767-1787). Johann van Beethoven memaksa anaknya latihan piano berjam-jam karena menginginkan anaknya menjadi 'anak ajaib' seperti Mozart. Beethoven mengadakan konser pertamanya pada tanggal 26 Maret 1778 tapi kepandaiannya tak setara dengan Mozart pada usia yang sama.
Pada pertengahan 1801, Beethoven menyadari bahwa daya pendengarannya mulai berkurang akibat otoslerosis. Sebuah surat yang ditemukan di sebuah rumah Beethoven di Heiligenstadt dekat Wina yang dikenal sebagai ‘Warisan Heiligenstadt’ berisikan betapa sedihnya Beethoven karena penyakit yang dialaminya. Kesedihannya memang wajar karena pada saat itu Beethoven sedang dalam puncak kariernya.

Pada tahun 1826, Beethoven menderita demam tinggi yang ternyata disebabkan oleh sakit ginjal. Penyakitnya tak tertolong dan dia meninggal pada 26 Maret 1827.
Quote:
3.Antonin Leopold Dvorak
Quote:
Spoiler for gambar:


Dvořák dilahirkan pada 8 September 1841 di Nelahozeves, dekat Praha (saat itu wilayah Kekaisaran Austria, kini wilayah Republik Ceko), dan di sana ia melewati sebagian besar masa hidupnya. Ayahnya adalah seorang jagal, pemilik rumah penginapan, dan pemain zither profesional. Sejak awal orangtua Antonín menyadari bakat musiknya, dan ia mendapatkan pendidikan musiknya yang paling pertama di sekolah desa yang mulai ia masuki pada 1847. Ia belajar musik di satu-satunya Sekolah Orgel Praha pada akhir tahun 1850-an, dan pelan-pelan berkembang menjadi seorang pemain biola dan viola yang sukses.
Quote:
4.Wolfgang Amadeus Mozart
Quote:
Spoiler for gambar:

Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun) adalah seorang komponis. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis.
Quote:
5.Jakob Ludwig Felix Mendelssohn Bartholdy
Quote:
Spoiler for gambar:

lahir, dan dikenal di negara Inggris, Felix Mendelssohn(3 Februari 1809 - 4 November 1847) adalah seorang Jerman komposer , pianis , organis dan konduktor dari awal periode Romantis
Quote:
6.Franz Schubert
Quote:
Spoiler for gambar:

Franz Schubert (31 Januari 1797-19 November 1828) adalah komponis berkebangsaan Austria.

Ketika ia berusia lima tahun, ayahnya sudah mengajarkannya berbagai hal tentang musik. Enam tahun kemudia ia masuk sekolah musik yang sangat terkenal di Wina. Sementara itu Franz sudah mulai menggubah karya musik. Lagunya yang pertama dihasilkan pada usia 17 tahun, berjudul Gretchen at the spinning whell. Untuk sementara ia menjadi guru sekolah, tetapi kemudian ia berhenti karena ia perlu banyak waktu untuk menulis karya musik.
Quote:
7.Claude Debussy
Quote:
Spoiler for gambar:

Achille-Claude Debussy (lahir 22 Agustus 1862 – meninggal 25 Maret 1918 pada umur 55 tahun) adalah komponis berkebangsaan Perancis. Musiknya dianggap sebagai peralihan dari zaman musik romantik ke musik modern di awal abad ke-20. Bersama dengan Maurice Ravel, ia merupakan salah satu figur utama dalam bidang musik impressionis walau ia sendiri kurang menyukai pemberian nama aliran tersebut.
Quote:
8.Pedro Ilich Tchaikovsky
Quote:
Spoiler for gambar:

Pada tanggal 7 Mei 1840, Pedro Ilich Tchaikovsky lahir di daerah Votkinsk, diantara Propinsi Viatka dan Perm di Rusia.
Pada tanggal 28 Oktober, karyannya di peragakan di San Petersburg. Pedro Ilich Tchaikovsky sendirilah yang memimpin orkestranya. Walaupun tidak begitu mengerti kebesaran seluruhnya simfoni tersebut, tapi Pedro Ilich Tchaikovsky merasa bangga bahwa itu adalah wasiat musiknya yang asli.

Beberapa hari sesudah pagelaran, Pedro Ilich Tchaikovsky makan siang bersama saudara laki-lakinya Modesto, dan tidak memikirkan kesehatannya. Ia meminum segelas air mentah. Sejak saat itulah sang komponis jatuh sakit parah. Dokter istana menjaganya siang dan malam, hanya dalam waktu beberapa hari Pedro Ilich Tchaikovsky mulai dalam keadaan tidak sadar dan lenyaplah semua harapan. Pada pukul tiga dinihari tanggal 6 November 1893, jasad Pedro Ilich Tchaikovsky kelihatan memperoleh kesadaran untuk melihat sesaat. Modesto ke tempat berbaring Pedro Ilich Tchaikovsky, tetapi semua sudah berakhir. Pedro Ilich Tchaikovsky meninggal dunia, pada usia 53 tahun.

Beritanya langsung menyebar ke seluruh Rusia dan upacara pemakamannya sangat mengaggumkan.
Quote:
9.Robert Schumann
Quote:
Spoiler for gambar:

Robert Schumann (lahir di Zwickau, 8 Juni 1810 – meninggal di Bonn, 29 Juli 1856 pada umur 46 tahun) adalah seorang penggubah dan pianis Jerman. Dia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik Romantik Eropa yang terpenting, serta seorang kritikus musik yang terkenal dalam sejarah. Seorang cendekiawan serta bersifat estetikus, musiknya menggambarkan sifat romantisme yang sangat pribadi. Mawas diri dan sering bertingkah, karya-karya musik pertamanya merupakan percobaan untuk melepaskan diri dari tradisi bentuk dan struktur klasik yang dia pikir terlalu membatasi.
Quote:
10.George Philipp Telemann
Quote:
Spoiler for gambar:

Georg Philipp Telemann (14 Maret 1681-25 Juni 1767) merupakan seorang komponis berkebangsaan Jerman, dilahirkan di Magdeburg. Di bidang musik, dia belajar di Universitas Leipzig. Dia merupakan sutradara musik di lima gereja terbesar di Hamburg, dari 1720 hingga kematiannya di tahun 1767.

Lirik Lagu Super Seven Sahabatku (Best Friend Forever)

kau sahabat sahabatku dimanapun kamu berada
walau waktu kan berganti
tak merubah persahabatan antara kita

banyak kawan yang ku kenal
tak semua bisa mengerti
hanya kamu tetap tinggal
karena kamu yang paling sehati

kita saling mengandalkan
kita saling membanggakan
kita terima perbedaan
dengarlah sahabat laguku ini

aku dan kamu satu best friend forever (forever)
sahabat sehati sejiwa
walau sedang berpisah tak pernah terasa jauh (jauh)
sahabat best friend forever

kita saling mengandalkan
kita saling membanggakan
kita terima perbedaan
dengarlah sahabat laguku ini

aku dan kamu satu best friend forever (forever)
sahabat sehati sejiwa
walau sedang berpisah tak pernah terasa jauh (jauh)
sahabat best friend forever

best friend forever, best friend forever
best friend forever, best friend forever

cerpen

BERKEDIP

Selasa, pada pelajaran fisika. Pak Riandani masuk ke kelasku. Beliau menyuruh kami untuk diam,”Anak-anak tolong diam sebentar!!! Akan saya umumkan hasil nilai UTS kalian. Dan jangan kaget, karena nilai kalian banyak yang jelek.” Kurasakan darahku mengalir begitu deras, tanganku dingin, jantungku berdenyut tak karuan.
Dimulai dari nilai tertinggi sampai nilai terendah. Ternyata memang benar, banyak yang nilainya di bahah nilai KKM. Termasuk diriku ini. Memang sepat kaget dengernya.
“ Penyebabnya apa ya..??” tanyaku dalam hati.
“Saat ada penjelasan rumus atau materi kalau disuruh jangan berkedip, ya jangan ber kedip. Tapi kalian malah berkedip. Pelajaran fisika itu perlu keseriusan. Mungkin itu faktor penyebabnya nilai kalian banyak yang jelek,” ujar guru fisikaku seolah beliau bisa membaca apa yang ada dalam pikiranku.
Penyesalan dating berjamaah. Dimulai dari teman sebangkuku. Tak lain adalah Rosi. “Huuh.., nilaiku terendah. Gimana nih Ika??”keluhnya padaku.
“Gak tau lah…,” jawabku cuwek.
“Cuwek banget sih sama teman sendiri,”komennya agak sewot.
“Habis aku juga bingung. Aku nyesel banget nih!!! Seharusnya waktu dijelasin aku nggak berkedip. Pasti jadinya nggak begini,”jelasku lesu.
“Sama, aku juga nyesel nih Ka!!! Aku yakin, teman-teman pada nyesel juga. Jadinya nyesel berjamaah deh…!!!” ungkapnya lalu tersenyum.
“Aku yakin,” jawabku pasti.
“Setauku kamu itu rumayan rajin. Mungkin haruslebih rajin,”sarannya padaku.
Rasanya ingin kuputar watu kembali. Tapi, dengan kejadian ini mungkin aku bisa memetik hikmahnya. Aku harus lebih rajin belajar lagi. Lebih sesrius saat KBM. Ternyata hanya karena berkedip.


1.Tokoh utama: Ika
2.Watak tokoh utama: Rajin, tidak mudah putus asa, mudah menyesal dengan perbuatannya.
3.Bukti watak rajin yaitu pada kalimat,”Setauku kamu itu rumayan rajin.”
Bukti watak tidak mudah putus asa yaitu pada kalimat,” Tak putus asa walau hasilnya belum memuaskan.”
Bukti watak mudah menyesal yaitu pada kalimat, “Aku nyesel banget nih!”
4.Latar tempat: di kelas
Bukti latar tempat yaitu pada paragrap satu, kalimat ke dua.
5.Latar waktu: hari Selasa
Bukti latar waktu yaitu pada paragraph satu, kalimat ke satu.
6. Tiga amanat:
• Kita harus rajin belajar, serius dalam segala hal.
• Kita tidak boleh berputus asa dalam menghadapi suatu masalah.
• Kita harus bisa memetik hikmah dari sutu kejadian yang telah kita alami.

NAMA : IKAERNI WIDI ASTUTI
No. : 19
Kls :IX D