Pages

10 komponis dunia

Johann Sebastian Bach lahir pada tanggal 21 Maret 1685 di kota Eisenach, Jerman. Ayahnya bernama Johann Ambrosius Bach, dia adalah seorang pemain terompet dan dirigen orkes kota tersebut. Johann Sebastian adalah anak bungsu dari delapan bersaudara. Pada saat orangtua Bach meninggal pada tahun 1695 dia pindah ke Ohrdruf dan diasuh oleh kakak laki-lakinya, Johann Christoph Bach. Di Ohrdruf, Bach melanjutkan pendidikannya ke sekolah Lyceum. Bach cukup berprestasi di sekolahnya, dari kakaknya Bach diajarkan bermain organ dan kemungkinan juga belajar bermain biola. Bach belajar sendiri ilmu komposisi dengan cara biasa dan lazim pada zaman itu, yaitu menyalin buku musik komposisi-komposisi komponis Barok.
Pada akhir hidupnya Bach menderita kebutaan, pada saat ini pula ia menggubah Die Kunst der Fugue 13 (BWV 1080). Suatu komposisi dengan bermacam variasi bentuk dari suatu tema fuga. Bach menulis komposisi ini dengan berbaring di tempat tidur dan mengeja not yang ada di kepalanya kepada istrinya. Bach meninggal dunia pada tahun 28 Juli 1750 dan karya ini tidak sempat diselesaikan.
Quote:
2.Ludwig Van Beethoven
Quote:
Spoiler for gambar:

Ayahnya, Johann van Beethoven (1740-1792) bekerja sebagai penyanyi tenor untuk pangeran Bonn (dari tahun 1752). Ibunya bernama Maria Magdalena Keverich (1767-1787). Johann van Beethoven memaksa anaknya latihan piano berjam-jam karena menginginkan anaknya menjadi 'anak ajaib' seperti Mozart. Beethoven mengadakan konser pertamanya pada tanggal 26 Maret 1778 tapi kepandaiannya tak setara dengan Mozart pada usia yang sama.
Pada pertengahan 1801, Beethoven menyadari bahwa daya pendengarannya mulai berkurang akibat otoslerosis. Sebuah surat yang ditemukan di sebuah rumah Beethoven di Heiligenstadt dekat Wina yang dikenal sebagai ‘Warisan Heiligenstadt’ berisikan betapa sedihnya Beethoven karena penyakit yang dialaminya. Kesedihannya memang wajar karena pada saat itu Beethoven sedang dalam puncak kariernya.

Pada tahun 1826, Beethoven menderita demam tinggi yang ternyata disebabkan oleh sakit ginjal. Penyakitnya tak tertolong dan dia meninggal pada 26 Maret 1827.
Quote:
3.Antonin Leopold Dvorak
Quote:
Spoiler for gambar:


Dvořák dilahirkan pada 8 September 1841 di Nelahozeves, dekat Praha (saat itu wilayah Kekaisaran Austria, kini wilayah Republik Ceko), dan di sana ia melewati sebagian besar masa hidupnya. Ayahnya adalah seorang jagal, pemilik rumah penginapan, dan pemain zither profesional. Sejak awal orangtua Antonín menyadari bakat musiknya, dan ia mendapatkan pendidikan musiknya yang paling pertama di sekolah desa yang mulai ia masuki pada 1847. Ia belajar musik di satu-satunya Sekolah Orgel Praha pada akhir tahun 1850-an, dan pelan-pelan berkembang menjadi seorang pemain biola dan viola yang sukses.
Quote:
4.Wolfgang Amadeus Mozart
Quote:
Spoiler for gambar:

Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun) adalah seorang komponis. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis.
Quote:
5.Jakob Ludwig Felix Mendelssohn Bartholdy
Quote:
Spoiler for gambar:

lahir, dan dikenal di negara Inggris, Felix Mendelssohn(3 Februari 1809 - 4 November 1847) adalah seorang Jerman komposer , pianis , organis dan konduktor dari awal periode Romantis
Quote:
6.Franz Schubert
Quote:
Spoiler for gambar:

Franz Schubert (31 Januari 1797-19 November 1828) adalah komponis berkebangsaan Austria.

Ketika ia berusia lima tahun, ayahnya sudah mengajarkannya berbagai hal tentang musik. Enam tahun kemudia ia masuk sekolah musik yang sangat terkenal di Wina. Sementara itu Franz sudah mulai menggubah karya musik. Lagunya yang pertama dihasilkan pada usia 17 tahun, berjudul Gretchen at the spinning whell. Untuk sementara ia menjadi guru sekolah, tetapi kemudian ia berhenti karena ia perlu banyak waktu untuk menulis karya musik.
Quote:
7.Claude Debussy
Quote:
Spoiler for gambar:

Achille-Claude Debussy (lahir 22 Agustus 1862 – meninggal 25 Maret 1918 pada umur 55 tahun) adalah komponis berkebangsaan Perancis. Musiknya dianggap sebagai peralihan dari zaman musik romantik ke musik modern di awal abad ke-20. Bersama dengan Maurice Ravel, ia merupakan salah satu figur utama dalam bidang musik impressionis walau ia sendiri kurang menyukai pemberian nama aliran tersebut.
Quote:
8.Pedro Ilich Tchaikovsky
Quote:
Spoiler for gambar:

Pada tanggal 7 Mei 1840, Pedro Ilich Tchaikovsky lahir di daerah Votkinsk, diantara Propinsi Viatka dan Perm di Rusia.
Pada tanggal 28 Oktober, karyannya di peragakan di San Petersburg. Pedro Ilich Tchaikovsky sendirilah yang memimpin orkestranya. Walaupun tidak begitu mengerti kebesaran seluruhnya simfoni tersebut, tapi Pedro Ilich Tchaikovsky merasa bangga bahwa itu adalah wasiat musiknya yang asli.

Beberapa hari sesudah pagelaran, Pedro Ilich Tchaikovsky makan siang bersama saudara laki-lakinya Modesto, dan tidak memikirkan kesehatannya. Ia meminum segelas air mentah. Sejak saat itulah sang komponis jatuh sakit parah. Dokter istana menjaganya siang dan malam, hanya dalam waktu beberapa hari Pedro Ilich Tchaikovsky mulai dalam keadaan tidak sadar dan lenyaplah semua harapan. Pada pukul tiga dinihari tanggal 6 November 1893, jasad Pedro Ilich Tchaikovsky kelihatan memperoleh kesadaran untuk melihat sesaat. Modesto ke tempat berbaring Pedro Ilich Tchaikovsky, tetapi semua sudah berakhir. Pedro Ilich Tchaikovsky meninggal dunia, pada usia 53 tahun.

Beritanya langsung menyebar ke seluruh Rusia dan upacara pemakamannya sangat mengaggumkan.
Quote:
9.Robert Schumann
Quote:
Spoiler for gambar:

Robert Schumann (lahir di Zwickau, 8 Juni 1810 – meninggal di Bonn, 29 Juli 1856 pada umur 46 tahun) adalah seorang penggubah dan pianis Jerman. Dia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik Romantik Eropa yang terpenting, serta seorang kritikus musik yang terkenal dalam sejarah. Seorang cendekiawan serta bersifat estetikus, musiknya menggambarkan sifat romantisme yang sangat pribadi. Mawas diri dan sering bertingkah, karya-karya musik pertamanya merupakan percobaan untuk melepaskan diri dari tradisi bentuk dan struktur klasik yang dia pikir terlalu membatasi.
Quote:
10.George Philipp Telemann
Quote:
Spoiler for gambar:

Georg Philipp Telemann (14 Maret 1681-25 Juni 1767) merupakan seorang komponis berkebangsaan Jerman, dilahirkan di Magdeburg. Di bidang musik, dia belajar di Universitas Leipzig. Dia merupakan sutradara musik di lima gereja terbesar di Hamburg, dari 1720 hingga kematiannya di tahun 1767.

0 komentar:

Posting Komentar