Pages

cerpen

BERKEDIP

Selasa, pada pelajaran fisika. Pak Riandani masuk ke kelasku. Beliau menyuruh kami untuk diam,”Anak-anak tolong diam sebentar!!! Akan saya umumkan hasil nilai UTS kalian. Dan jangan kaget, karena nilai kalian banyak yang jelek.” Kurasakan darahku mengalir begitu deras, tanganku dingin, jantungku berdenyut tak karuan.
Dimulai dari nilai tertinggi sampai nilai terendah. Ternyata memang benar, banyak yang nilainya di bahah nilai KKM. Termasuk diriku ini. Memang sepat kaget dengernya.
“ Penyebabnya apa ya..??” tanyaku dalam hati.
“Saat ada penjelasan rumus atau materi kalau disuruh jangan berkedip, ya jangan ber kedip. Tapi kalian malah berkedip. Pelajaran fisika itu perlu keseriusan. Mungkin itu faktor penyebabnya nilai kalian banyak yang jelek,” ujar guru fisikaku seolah beliau bisa membaca apa yang ada dalam pikiranku.
Penyesalan dating berjamaah. Dimulai dari teman sebangkuku. Tak lain adalah Rosi. “Huuh.., nilaiku terendah. Gimana nih Ika??”keluhnya padaku.
“Gak tau lah…,” jawabku cuwek.
“Cuwek banget sih sama teman sendiri,”komennya agak sewot.
“Habis aku juga bingung. Aku nyesel banget nih!!! Seharusnya waktu dijelasin aku nggak berkedip. Pasti jadinya nggak begini,”jelasku lesu.
“Sama, aku juga nyesel nih Ka!!! Aku yakin, teman-teman pada nyesel juga. Jadinya nyesel berjamaah deh…!!!” ungkapnya lalu tersenyum.
“Aku yakin,” jawabku pasti.
“Setauku kamu itu rumayan rajin. Mungkin haruslebih rajin,”sarannya padaku.
Rasanya ingin kuputar watu kembali. Tapi, dengan kejadian ini mungkin aku bisa memetik hikmahnya. Aku harus lebih rajin belajar lagi. Lebih sesrius saat KBM. Ternyata hanya karena berkedip.


1.Tokoh utama: Ika
2.Watak tokoh utama: Rajin, tidak mudah putus asa, mudah menyesal dengan perbuatannya.
3.Bukti watak rajin yaitu pada kalimat,”Setauku kamu itu rumayan rajin.”
Bukti watak tidak mudah putus asa yaitu pada kalimat,” Tak putus asa walau hasilnya belum memuaskan.”
Bukti watak mudah menyesal yaitu pada kalimat, “Aku nyesel banget nih!”
4.Latar tempat: di kelas
Bukti latar tempat yaitu pada paragrap satu, kalimat ke dua.
5.Latar waktu: hari Selasa
Bukti latar waktu yaitu pada paragraph satu, kalimat ke satu.
6. Tiga amanat:
• Kita harus rajin belajar, serius dalam segala hal.
• Kita tidak boleh berputus asa dalam menghadapi suatu masalah.
• Kita harus bisa memetik hikmah dari sutu kejadian yang telah kita alami.

NAMA : IKAERNI WIDI ASTUTI
No. : 19
Kls :IX D

0 komentar:

Posting Komentar